SKS !? AKU BEBAS-


Bagai tanpa beban hari ini, hidup berasa bebas tak ada intimidasi dari pihak manapun hehehe itulah yang sedang aku rasakan hari ini. Kenapa ayoh ?
Mungkin bukan aku saja, tapi semua orang yang mengaku merasa dirinya seorang pelajar. Anak SD, SMP, SMA bahakan Mahasiswa boleh dibilang sekarang sedang bersuka cita, sudah tahu donk masksudnya, betul banget hari ini hari kemerdekaan bagi para pelajar usai dijajah UTS. Bayangkan saja yang tadinya malas belajar menjadi giat belajar, yang tadinya ga serius jadi serius entah kerasukan setan apa? Tapi emang unik yah, apanya yang unik ? ituloh tahukan kalimat yang terdiri dari tiga huruf, simpel di ucapkan tapi ajaibnya luar biasa efeknya, apa coba ? betul banget “SKS” ada yang bilang “sistim kebut semalam” ada juga yang bilang “sejam kebut semalam”, meski banyak versinya tapi tujuannya satu, baiar apa ayoh....? betul banget, biar bisa jawab soal-soal UTS, terkadang yang belajar SKS belum tentu bener jawabannya atau minimal bisa jawab semua soal, apa lagi yang enaka-enakan alias ga belajar, bisa nangis atau pipis di celana campur keringat dingin hehehe. Entah unsur apa yang terkandung dalam kalimat tersebut, tak penting unsur apa di dalamnya, yang jelas kalo seminggu lagi atau 2 hari lagi mau ujian, SKS lebih ampuh di gunakan. Dan sampai sekarang aku belum tahu siapa yang pertama kali yang mencetuskan SKS di kalangan para pelajar.
Alhamdulillah... satu minggu aku UTS dan sudah kelar semuanya, bebas rasanya, bebas begadang, bebas ga megang buku pelajaran tiap menit pokoknya bebas hahaha.
Suka dukanya banyak banget pas menghadapi UTS kemaren, yang lebih menyakitkan lagi, udah belajar sampe mampus, begadang plus kopi 2 gelas, eh.. besoknya yang keluar soalnya jauh dari apa yang perkirakan L sedih banget !
Hari selasa kemaren hari ayng sangat  buruk buat aku, bayangkan saja dua pelajaran yang menurut saya susah-susah gampang, tapi kebanyakan susahnya sih, di gabung harinya, giliran pelajaran yang menurut aku gampang-gampang susah, tetep aja susah kalo ga belajar, ga di gabung sama pelajaran yang lain. hasilnya hari selasa kemaren ngebul kepala, ternyta bukan aku saja, pas keluar ngeliat wajah-wajah kawan pada pucat basi.
“Gimana bro tadi ?”
“Gila mas bro, susah banget soalnya !”
“Jawabannya kali yang susah, bukan soalnya !” kata aku
“Ia kebalik ane, hehehe udah belajar sampe mata bengkak, soalnya jamuh panggang dari pada api !”
“Hahaha... ane juga sama susah, kalo tau begitu mendingan tidur aja semalem huft !”
“Hahaha... udah lah mas bro, biarkan ia terkubur dengan jawaban yang tak pasti “
“Tob’an...” (bahasa arab, artinya tentu)
Masih sisa satu pelajaran lagi, dan hari rabu hari terakhir UTS. Pulang dari kampus siangnya langsung istirahat, tidur bangun ashar, kebetulan tinggal di asrama sama temen-temen, 4 orang kaka kelas (senior) dan 5 orang junior, aku dan 4 temen lainnya. Sepakat untuk tidur siang hari itu juga, pintu asrama di tutup rapat sekaligus di kunci biar ga ada yang ganggu atau sekedar masuk Cuma buat minta air dingin di Dispenser huh !.
Makan malam seperti biasa habis sholat Magrib, biar bisa istirahat sebentar, Cuma buat nurunin nasi plus ngobrol ngalor ngidul sama temen satu kamar sampe menjelang isya, tapi ada juga yang rajin manfaatin antara Magrib ke Isya dengan ngaji, baca buku atau muroja’ah hafalan, biasanya Akmal, dia mungkin paling rajin kalo masalah ini, yang lainnya sama kaya aku, kadang eling kadang juga ga waras hehe.
Adzan Isya dah sudah berkumandang, saatnya aku dan temen-temen pergi ke masjid untuk sholat Isya, habis Isya kita langsung sisingkan lengan baju ! ngapain ? yang jelas buka untuk gotong royong. Ambil buku pelajaran yang besok mau di ujikan, jangan bawa Hp atau yang lainnya yang bisa ganggu konsentrasi beljar.
Sedia kopi moka atau kopi bubuk juga ga masalah yang penting kopi judulnya, ga lupa makanan ringan kaya sukro, kripik, kuaci dan lain-lain yang bisa ngilangin jenuh saat belajar. Nah waktunya tiba ! pelajaran 2 bulan lebih akan di talkhis (ringkas) dalam waktu semalem atau biasa di sebut SKS, kerenkan ?! hehehe
Udah jam 12 malam mata kami masih awas dan fokus baca ringkasan materi, jam setengah satu kami istrahat tidur biar ga kesingan besok pagi dan ga ngantuk waktu di kelas.
Sinar mentari pagi masih memberi kami harapan pagi itu, kami bergegas masuk ruang kelas dan siap-siap menyantap soal-soal UTS pelajaran terakhir, bapak Dr. Taufiq MA. Memasuki kelas, kami, dan langsung membagi-bagikan soal dan lembar jawaban. “Asyiiikkk....” bisikku, yang kaya gini nih aku suka. Pasalanya ringkasan yang semalam aku baca, ada di soal hari itu, barang tentu sudah aku hapalkan jawabannya malem tadi, dan masih fresh apa yang aku hapalkan pagi ini.
Kurang lebih 15 menit temen satu kelas keluar duluan,
“Wuih.... mumtaaz... “ teriak temen yang lainnya, aku makin terpacu untuk menyelesaikan soal-soal yang gampang ini, alhamdulillah... aku keluar urutan ke 6, aku ga yakin bener semua, tapi sepengetahuanku itulah jawabannya, tinggal tawakal saja sama Allah, jihad udah semalem mau ngapain lagi.
Hatiku riang bukan kepalang, “bukan nyanyian boneka india loh” tpi aku senangbaru kali ini keluar duluan meski urutan ke 6, kurang lebih 20 menitan aku jawab soalnya. Ku lihat wajah temen-temen juga keliatan seger hari itu, entah senang bener semua jawabannya atau seneng karena hari terakhir UTS dan akan libur selama empat hari ? “wallahu a’lam !”.

>

Leave a Reply


Terimakasih sudah berkunjung :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

Blogger templates