HARAPAN ITU MASIH PANJANG-



Selamat siang sahabat pengunjung setia blog jounal elfaqih, semoga siang ini masih dalam sehat dan perut dalam keadaan terisi alias kenyang, kalo bahasa kulonnya 'Sebeh'. Hidup sebagai mahasiswa yang pas-pasan bahkan terkadang harus menguras energi dan memuatar otak lebih dari 180 derajat sudah merupakan resiko untuk para mahasiswa yang hidup dalam keadaan ekonomi yang bisa di bilang pas-pasan, eit tunggu dulu ! pas-pasan bukan berarti pas mau beli rumah, duitnya pas, pas mau beli mobil duitnya pas, mau beli anak orang alias mau nikah duitnya pas juga. Bukan itu maksudnya, kalo itu sih bukan hidup melarat tapi hidup serba pasti. Yang di maksud di sini, orang tua kita tidak punya penghasilan tetap mungkin karena sempitnya lapangan kerja atau faktor pendidikan mereka dulu yang sangat rendah sehingga tidak bisa bersaing dalam kenyataan hidup di zaman serba modern dan touchscreen ini. Sedangkan anaknya ingin kuliah dan berhasil di terima di perguruan tinggi, tapi di tengah jalan banyak rintangan yang harus di perjuangkan agar kehidupan di kampus dan di luar kampus masih terus berjalan,. Seperti halnya aku, aku saat ini sedang menempuh kuliah di salah satu perguruan tinggi, aku mengambil fakultas ilmu kependidkan atau lebih familiar di sebut dengan Tarbiyah.

Yah awalnya sih tidak ada keinginan untuk kuliah, karena takut membebani orang tua dan kaka-kakaku, backround keluargaku khususnya orangtuaku tidak ada yang sampai kuliah, bahkan ayah (abah aku memanggilnya) hanya sampai tamatan sekolah dasar (SD) saja di kampungnya. Tapi setelah melihat kebelakang yang begitu memprihatinkan "Aku takut seperti mereka nantinya, terasingkan dari keramaian manusia" dan melihat kedepan "Aku yakin bisa hidup lebih layak karena itu semua hak manusia yang hidup di dunia ini". dengan bertekad dan niat, alhamdulillah aku bisa kuliah dan beasiswa, tapi masih ada yang harus aku perjuangkan yaitu 'Makan setiap harinya dan kebutuhan hidup kampus dan non kampus'.

Tapi alhamdulillah, setelah banyak membaca dan melihat sisi makna kebaikan yang di tuangkan oleh orang-orang yang sudah sukses, serta yang lebih membuatku terdorong untuk tetap semangat agar hidup ini eksis meski beban dan aral begitu banyak yang melintang adalah suri tauladan junjungan Nabi Muhammad yang bila kita renungi sejarah kehidupannya, banyak gelinang air mata. Bayangkan saja, ketika beliau masih di dalam rahim ibunya ketika usia kandungan ibunya genap 6 bulan, ayah beliau bernama Abdullah wafat, sehingga beliau terlahir dalam keadaan yatim kedunia, kemudian ibunya wafat ketika usia genap 6 tahun, jadilah yatim piatu yang usianya masih di katakan usia bermain, tapi ia masih tegar bahkan ia ikut berdagang untuk memnuhi kebutuhan hidup bersama pamannya Abu Tholib. Coba bayangkan betapa penuh air mata kehidupan nabi kita yang tercinta ini. Namun yang menjadi motivasi terbesar kita adalah bagaimana nabi Muhammad berdagang untuk memenuhi kebutuhan hidup setelah di tinggalkan kedua orangtuanya.

Dari kisah terbesar ini pulalah aku mengambil ibrah, bagaimana agar kehidupan kampus dan di luar kampus agar terus berjalan sebagamana mestinya, maka, aku mencoba berbisnis kecil-kecilan di bantu oleh teman-teman yang mensupport perjuangan aku ini. Setiap pagi menjelang, aku sudha siap dengan daganganku bernama 'Roti Pizza' untuk di pasarkan di kawasan kampus dan kelas-kelas, selain bisnis jualan aku juga berbisnis obat herbal seperti Madu hutan asli, habatus sauda Gold dan masih banyak lagi jenis produk yang aku jual di kalangan mahasiswa di kampusku. Alhamdulillah meski baru memulai, sedikit perubahan sudah aku rasakan secara pribadi.

Oleh karenanya,dari postingan ini aku mengajak kepada teman-teman dan sahabat blogger untuk bisa memanfaatkan kesempatan yang berharga ini dengan kreativitas masing-masing, apa lagi kita tergolong mahasiswa yang untuk memikirkan sesuap nasi saja buth waktu yang lama sudah gitu njauh dari orang tua dan jarang mendapat kiriman  uang saku dari mereka.

"Hidup Itu Indah"

>

One response to “HARAPAN ITU MASIH PANJANG-

Leave a Reply


Terimakasih sudah berkunjung :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

Blogger templates