I'tikaf Ramadhan

Assalamu’alaikum… salam sejahtera buat kita semua yang masih istiqomah berpuasa di hari yang ke 24 kalo ga salah “ya bener”, buat loh yang merasa jantan alias laki-laki gw harap masih rapet puasanya, “Suer  bro aku masih ting-ting alias masih rapet puasanya” idih… jijai deh bahasa loh kaya waria di taman lawing :D. Kalo buat kaum hawanya (cewe) gw bisa maklumin, mungkin dah pada bolong puasanya, mereka rutin tiap sebulan sekali kedatangan tamu dari negeri jiran yang ga bisa di tolak kedatangannya, “Siapa tuh?” itu tuh Mrs. M, “Apaan tuh M?” mencret  ! eh salah maksud gw menstruasi.
Duh sory sory, kenapa gw jadi ngomongin begituan, mana lagi puasa lagi, “Ampuni dosa hambaMu ini ya Tuhan…”.
Alhamdulillah pagi ini gw merasa seger sekali, meskipun semalem sibuk jadi panitia I’tikaf di masjid Ukhwah Islamiyah Universitas Indonesia kota Depok, rame banget peserta yang hadir baik dari ikhwan (cowo) maupun dari khwatnya (cewe), tugas gw ga berat-berat amat sih, Cuma bangunan “bangunin kali…” orang-orang pas waktunya santap sahur.
Loh semua tahukan kalo agama kita (islam) menganjurkan yang namanya I’tikaf, Nabi kita aja (Muhammad sallallahu alaihi wasallam) kalo udah menjelang 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, beliau langsung menyingsingkan lengan bajunya, menjauhi yang namanya kasur atau tempat tidur. Mungkin sbelum gw lanjutin, ada baiknya kita “kita loh aja kali” tahu arti apa itu I’tikaf.
Iseng-iseng gw googling di google, “Yes ga salah lagi gw ngomong :D” apa itu I’tikaf, menurut sumber yang gw dapet dari Wikipedia.org bahwasannya ” I’tikaf adalah berasal dari bahasa Arab akafa[1] yang berarti menetap, mengurung diri atau terhalangi. Pengertiannya dalam konteks ibadah dalam Islam adalah berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah SWT dan bermuhasabah (introspeksi) atas perbuatan-perbuatannya. Orang yang sedang beriktikaf disebut juga mutakif”. Kurang lebih seperti itu pengertiannya, gw bukan seorang pakar agama, tapi gw pakar ngeblog sampe goblog :D.
Kesimpulan yang bisa gw ambil dari pengertian di atas adalah, bahwasannya I’tikaf itu berdiam diri “Ngapain mas? Nelor?” di dalam sebuah masjid besar dengan niat mengharap ridho Allah swt. Serta sejauh mana kebaikan dan keburukan yang udah kita lakukan sampai hari ini, atau bahasa kerennya introspeksi diri ada lagi bahasa arabnya Muhasabah diri. Ga terasa secara otomatis gw berubah jadi ustadz yang suka tausiah di TV kalo lagi ngomongin masalah agama, Hahaha… :D
Nih rounden acara I’tikaf semalem, kali aja anda yang berminat male mini mau I’tikaf kiranya bisa di contoh :D.
  1. Sholat maghrib + bukber  (buka berduaan :D) “kebetulan gw ada acara aksi save buat muslim Rohingya dan Syiria di bundaran HI (Haji Iming, eh keceplosan, maksudnya Hotel Indonesia) jadi ga ikut bukber disana.
  2. Sholat Isya plus sholat teraweh berjamaah “gw ga ikut juga soalnya baru pulang dari HI abis maghrib, jadi gw isya dan teraweh di masjid lain” yah… ini panitian banyak kaburnya hehehe :D maklum tuga Negara.
  3. Nah baru acara I’tikaf di laksanakan etelah sholat teraweh, tapi sebelumnya kita absen dulu peserta yang hadir malem itu, laki-laki berapa, perempuan berapa? Biar pas sahur, nasinya pas. Kan kasihan kalo ada peserta yang ga dapet makan sahur, kalo kata ustadz ‘dzolimi orang’. Tar ga puasa lagi orangnya pagi-pagi.
  4. Buat halaqoh (lingkaran atau bebas ga apa-apa, buat tilawah (baca qur’an bareng-bareng) “Panitianya baca ga?” gw sibuk fb sama twitteran Hihihi… bentar doank kok.
  5. Istirahat atau tidur buat persiapan sholat malem atau lebih popular sholat Tahajud
  6. Jam 02:00 semua peserta di bangunkan untuk Qiyamul lail (Tahajud), ada yang berjamaah ada juga yang sendiri-sedniri, bebas terserah aja. Yang jelek yang ga sholat sama sekali Hehehe… :D
  7. Baru deh… puncaknya adalah makan santap sahur, di sini nih panitian harus kerja lebih Ekstra, karena suka ada peserta yang ngambil nasinya 2 kali pura-puranya kuponnya hilang :D, kan kasihan yang ga dapet, “Untung gw ngambil duluan Hihihi :D”
  8. Sholat Subuh berjamaah plus dengerin kultum dari penceramah/ustadz kita
  9. Opsi yang terakhir ini sih bebas milih, mau pulang apa mau masih mau nelor aja di masjid? Kalo gw sih milih pulang, kangen sama ranjang di kamar alias pengen lanjutin rajutan-rajutan mimpi yang mau pudar semalem, “Bilang aja mau molor lagi gan :D”
Sekian dari paparan gw di atas, semoga aja bermanfaat bagi loh yang mau jadi panitia atau peserta I’tikaf malam nanti.
Sebagai janji dari gw, gw mau tidur dulu tanpa waktu yang bisa di tentukan “Mati donk :D Hehehe”.
Bye-bye… muach… “Ih.. ! Maho Loh :D”.

>

Leave a Reply


Terimakasih sudah berkunjung :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

Blogger templates