Manusia Ibarat Komputer (Human Prosesor)



Manusia memiliki sedikit persamaan dengan komputer, ada tiga komponen yang membuat sebuah komputer bisa beroprasi, 1. Hardware 2. software 3. brainware , hardware adalah sesuatu yang bisa kita lihat, raba dan bahkan bsa di rasa, contoh hardware- monitor, keyboard,cpu dll. software adalah sesuatu yg hnya bsa kita lihat atau di rasa tapi tak mampu di raba, contoh software- segala aplikasi yang ada dalam sebuah komputer baik software beruapa sistem maupun aplikasi, software sistem misal OS- windows XP, win. 7 & 8, Linux and Ubuntu. SOftware aplikasi misal Ms. Office dll. 
pertanyaan'a apakah cukup dng hanya hardware dan software sebuah komputer bsa beroprasi ? jawaban'a TIDAK ! maka harus ada Brainware (orang yang mengoprasikan), maka disinilah fungsi dari Brainware hrus menjalankan dan memprotek sebuah komputer dari berbagai virus dan kejahatan yg bsa melemahkan kinerja komputer itu sendiri.
Lalu bagaimana dng manusia? yah sama, manusia memiliki 2 komponen penting yaitu Hardware dan Software, Hardwarenya berupa Jasad yg terlihat, seperti tangan, kaki, badan dll. dan Softwarenya beruapa isi atau daleman (orang kulon nyebutnya) yang terlindungi oleh Hardware tersebut, uniknya, software manusia juga ada yg bisa di lihat saja, tapi tidak bsa di raba, ada yg bisa di raba tapi tidak bisa di lihat. contoh software yg bsa di lihat - Hati, jantung dll. tapi ada juga software yg tidak bsa di lihat juga tidak bsa di raba, seperti perasaan (feeling), curiga (suspicious), emosi (emotion), ruh dll. 
Tapi apakah cukup dengan 2 komponen itu saja manusia bisa bergerak, bicara dll? Tidak ! maka peran Allah SWT. yang menjadikan kita hidup, bernafa dan bergerak. 
perbedaanya adalah, jika yang mencegah akan terjangkitnya virus pada komputer itu brainware (manusia), tetapi untuk mencegaha agar tidak terjangkit software dan hardware manusia selain Hak perogrative Allah SWT, juga di libatkan kita sebagai manusia sekaligus yg memiliki Hardware dan Software, terutama software kita agar terbebas dari berbagai Virus yg bisa mengakibatkan rusaknya Moral, AKhlak, Tingkah laku, sikaf, sifat dan cara beribadah kita kepada sang Maha Kholiq. 

Wallahu a'alm bisshawab...

>

Leave a Reply


Terimakasih sudah berkunjung :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

Blogger templates